mikacover
Sunday, February 19, 2006 aYaM KaLaSaN yg KrIuK2 niYYYY


Seneng banget waktu dapet resep dari Natural Cooking Club tapi rada2 ada di robah dikin gituw, cara bikin ayam kegemaran gue ini.. Dimana-mana kl pas jalan pasti aja kudu n harus mampir..
sampe2 sepantura apal tempat dimana ayam ini berada.. di Brebes, di Tegal, Pemalang, Semarang, Jogja, arah Jogja-Solo deket Prambanan, di Tandean Jakarta, di Bandung, Surabaya.. wah pokoknya suatu kewajiban deh..apalagi kriuk2nya..ehhmmm uueenaakk bangedddd.
Tadi coba bikin.. tapi huuaaaa... gorengnya keasyikkan, apinya kegedean..jadi warnanya tak seindah warna aslinya yang mereka jual.. (ga apa, ibu kan udah bisa masaknya.. gitu kata anak gue), dan mereka bilang..rasanya ok kok.. hubby bilang.. mendekati laaahhh... siiipp. Anak2 malah seru banget makan kriuk2kannya.

Bahan:
- 600 gr ayam (cuci bersih bagi 2 bagian)
- 2 lembar daun salam
- 3 sdm tepung beras
- 1/2 sdm baking soda

bahan yang dihaluskan
- 7 butir kemiri
- 7 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt garam
- 300 ml santan

cara:
Lumuri ayam dengan bumbu yang dihaluskan lalu di rebus diatas api sedang selama 2 jam
dengan air santan, masukkan daun sereh. Setelah 2 jam, angkat ayam( sisihkan) dari sisa air santan dan bumbu halus. Goreng ayam hingga warna kecoklatan, angkat, tiriskan. Campur sisa santan dan bumbu halus dengan tepung beras dan baking soda. aduk hingga rata. Goreng diatas api sedang hingga warna kecoklatan. Angkat dan setelah ditiriskan gabungkan dengan ayam yang sudah digoreng tadi.. Dimakan pake lalapan n sambal terasi...duh sedeep nasi anget2.
(bisa untuk 3 orangan nih). (stl, feb 19'06)

Posted by mika :: 8:51 PM :: 0 comments

Post / Read Comments

---------------MiKa---------------